Profil

SEKILAS TENTANG PROGRAM STUDI TEKNIK GEOLOGI

Geologi sebagai dasar dari ilmu kebumian mempelajari segala sesuatu yang berhubungan dengan dinamika planet Bumi. Geologi mempelajari komposisi bumi, struktur, sifat-sifat fisik, sejarah, proses pembentukannya, serta akibat yang muncul karena berbagai proses yang terjadi termasuk didalamnya bencana alam, keterdapatan sumber daya alam, minyak, gas, bahan tambang dan lain-lain. Geologi juga mempelajari tentang proses kebumian yang telah terjadi dimasa lampau dan memprediksi bagaimana kemungkinan yang bisa terjadi dimasa depan sehingga kita bisa mempersiapkan diri dengan berbagai kondisi yang mungkin bisa terjadi. Ilmu Geologi juga berperan dalam bidang keteknikan (kontruksi bangu-nan) seperti perancangan bendungan, jembatan, maupun gedung bertingkat. Pembangunan sebuah bangunan tidaklah boleh sembarangan dan harus memperhatikan kondisi geologi tempat bangunan tersebut akan dibangun untuk menjamin ketahanan bangunan dan keselamatan para penghuninya.

Dalam kebencanaan, pengetahuan tentang Geologi tidak bisa diabaikan karena banyak bencana alam yang terjadi disebabkan oleh pergerakan lempeng bumi seperti kegempaan, longsor, tsunami, dan juga letusan gunung api. Bencana alam ini kadang bisa merenggut banyak korban jiwa. Geologi punya peranan yang besar terutama dalam hal mitigasi bencana. Dengan mempelajari geologi setidaknya korban jiwa yang timbul bisa dihindari ataupun setidaknya bisa diminimalisir.

Disamping itu, Geologi juga sangatlah penting untuk dipelajari dalam rangka menunjang keberlangsungan hidup umat manusia karena kebutuhan hidup manusia hampir semuanya berasal dari bumi baik yang didapatkan secara langsung maupun tidak langsung mulai dari perhiasan, perlengkapan rumah tangga, alat transportasi dan juga energi. Ahli Geologi membantu manusia memenuhi kebutuhan hidupnya dengan terus melakukan eksplorasi sumber daya alam, memantau eksploitasi yang ramah lingkungan dan juga melakukan manajemen pengelolaan sumber daya energi yang professional dan berkelanjutan. Kaitan ilmu geologi dengan banyak hal seperti yang disebutkan diatas mendorong banyak bidang keilmuan lain seperti Teknik Sipil, Teknik Pertambangan, Teknik Geofisika, Teknik Perminyakan, Teknik Kimia untuk mendalami ilmu Geologi.

Pengembangan ilmu Geologi harus terus dilakukan baik saat sekarang maupun dimasa yang akan datang dalam rangka memaksimalkan potensi yang ada di bumi ini untuk kemaslahatan hidup manusia dan meminimalkan bencana kebumian yang merugikan umat manusia. Untuk memenuhi tuntutan tersebut, Universitas Syiah Kuala terhitung tahun akademik 2014-2015 membuka Program Studi Teknik Geologi berdasarkan SK penyelenggaraan Teknik Geologi dari DIKTI melalui keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor: 858/E.E2/DT/2013, tanggal 29 Agustus 2013. Berdasarkan izin operasional Mendiknas RI, maka Rektor Universitas Syiah Kuala kemudian mengeluarkan SK Rektor Universitas Syiah Kuala nomor: 1044 tahun 2013 dan memutuskan Program Studi Teknik Geologi yang merupakan jenjang program sarjana (S1) ditempatkan pada Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala.

Kurikulum Program Studi Teknik Geologi disusun berdasarkan suatu pendekatan relevan tidaknya suatu materi di terapkan untuk kondisi saat ini dan dimasa yang akan datang. Kompetensi lulusan menjadi perhatian yang sangat penting dalam perumusan dan penyusunan kurikulum ini. Lulusan Program Studi Teknik Geologi Unsyiah di harapkan memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam memahami ilmu-ilmu dasar, Ilmu terapan, dan dapat mengaplikasikannya dalam melaksanakan pekerjaan pada bidang Geologi.

Selain itu, lulusan Teknik Geologi diharapkan juga memiliki keterampilan intelektual, praktikal, manajerial, dan kepemimpinan, serta memiliki sikap jujur, kritis, berani dengan tetap menjunjung tinggi nilai moral, norma, etika, dan agama. Alumni Teknik Geologi Unsyiah dipersiapkan agar mempunyai kompetensi sesuai dengan yang dibutuhkan oleh dunia kerja baik itu dari kalangan perusahaan minyak dan gas, perusahaan tambang, konsultan kebumian, kalangan peneliti dan akademisi, Mitigasi bencana geologi, pegawai negeri sipil maupun yang berkecimpung didunia wirausaha.

Matakuliah-matakuliah yang mengarah pada keterampilan khusus dituangkan dalam matukuliah pilihan yang dapat diambil sesuai dengan minat mahasiswa. Peminatan di Program Studi Teknik Geologi dikelompokkan kedalam tiga golongan yaitu:

  1. Geologi Sumberdaya Alam
  2. Geologi Rekayasa dan Lingkungan

Masing-masing kelompok peminatan di atas mempunyai matakuliah-matakuliah yang mengarah pada penelitian-penelitian yang khas. Mahasiswa dapat memilih minat yang akan mereka tekuni sehingga dapat terarah dan sesuai dengan yang diharapkannya. Mahasiswa diharapkan selalu berkonsultasi dengan dosen pembimbingnya agar kompetensi yang mereka pilih sesuai dengan minatnya dan secara penuh menguasai keahlian khusus geologi tersebut.

Keberadaan Prodi Teknik Geologi Universitas Syiah Kuala diharapkan mampu menjadi mitra kerja pemerintah daerah, perusahaan nasional maupun internasional, masyarakat umum, para akademisi dan stake holder lainnya. Teknik Geologi Unsyiah harus bisa bermanfaat untuk semua orang dan kalangan serta bisa menjadi pusat studi dan konsultasi berbagai permasalahan kebumian.