Lompat ke isi utama
x

IABEE-CPL PSGL USK

Program Studi Teknik Geologi Universitas Syiah Kuala (PSTGL USK) berkomitmen besar untuk menghasilkan lulusan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat serta perkembangan dunia keilmuan dan pembangunan saat ini. Dalam rangka peningkatan mutu secara berkelanjutan, saat ini PSTGL USK sedang mempersiapkan diri untuk bisa meraih akreditasi untuk jenjang yang lebih tinggi lagi dalam ruang lingkup internasional, yaitu Indonesian Accreditation Board for Engineering Education (IABEE). Akreditasi IABEE yang akan ditempuh oleh PSTGL USK yaitu akreditasi yang diperuntukkan untuk Program Studi Ilmu Teknik, maupun Komputasi, pada jenjang Sarjana. PSTGL USK ini memberikan gelar Sarjana Teknik melalui implementasi kurikulum yang melibatkan masa studi selama 4 Tahun Akademik, dengan beban total perkuliahan setidaknya sebesar 144 SKS (satuan kredit semester).

Dengan akreditasi IABEE prodi akan memperoleh rekognisi substantial equivalent secara internasional. Prodi juga akan dipandang mampu oleh masyarakat internasional untuk menghasilkan lulusan-lulusan yang berdaya saing. Secara kelembagaan, prodi juga akan dipandang mampu untuk menjalankan sistem manajemen mutu yang mengarah pada perbaikan berkelanjutan, berdasarkan pengukuran dan evaluasi capaian pembelajaran lulusannya.

 

 PROFESSIONAL AUTONOMOUS PROFILE

“Ahli Teknik Geologi yang inovatif, mandiri, terkemuka dan berintegritas dalam bidang eksplorasi sumberdaya bumi dan aplikasi geologi terapan”

PSTGL USK berkomitmen untuk menghasilkan lulusan yang dapat berkiprah dalam berbagai profesi dalam bidang eksplorasi sumberdaya bumi dan aplikasi geologi terapan.  Lulusan yang dihasilkan oleh PSTGL USK juga harus memiliki integritas yang tinggi.

 

Program Learning Outcome (PLO) PSTGL USK

Mahasiswa PSTGL USK harus memenuhi 9 capaian pembelajaran untuk meraih gelar Sarjana Teknik Geologi.  Standar Kompetensi lulusan PSTGL dinyatakan dalam capaian pembelajaran lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan dan keterampilan. Perumusan capaian pembelajaran lulusan (CPL) PSTGL merupakan kemampuan lulusan yang harus dicapai sesuai dengan profil lulusan PSTGL, kebutuhan dari stakeholder, visi, misi, tujuan PSTGL dan kearifan lokal/daerah Aceh

 

KOMPONEN SIKAP

PLO-1

Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious serta berintegritas

PLO-2

Menjunjung tinggi nilai kemanusian dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika

 

PENGUASAAN PENGETAHUAN TEKNIK GEOLOGI

PLO-3

Memahami dan menguasai prinsip dan teori dasar ilmu geologi serta aplikasinya secara menyeluruh.

PLO-4

Memahami dan menguasai metode eksplorasi dan perkembangan teknologinya, serta konsep interpretasi data eksplorasi geologi dan geofisika dalam bidang kebencanaan, perencanaan dan pengembangan wilayah, pekerjaan geologi teknik, potensi sumber daya alam, dan pengelolaan lingkungan.

 

KEMAMPUAN KERJA KHUSUS TEKNIK GEOLOGI

PLO-5

Mampu membuat dan membaca peta-peta geologi, peta kawasan bencana, dan peta potensi sumber daya alam dengan menggunakan program-program berbasis komputer dan mampu menganalisis hasil pemetaan tersebut.

PLO-6

Mampu mengidentifikasi objek-objek geologi pada suatu wilayah dengan tepat untuk perencanaan dan pengembangan wilayah dan kota.

 

KEMAMPUAN KERJA UMUM TEKNIK GEOLOGI

PLO-7

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya

PLO-8

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur

PLO-9

Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.